UNIVERSITAS GUNADARMA

Senin, 29 Maret 2010

BAB 1 Lianasari.B

BAB I
PENDAHULUAN



I.1 Latar Belakang
Pemerintahan di Indonesia saat ini masih menerapkan system dan proses kerja yang kaku sehingga tidak dapat menunjang hasil kerja yang maksimal. Oleh karena itu, seharusnya pemerintah dapat mengubah system tersebut dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang sedang berkembang dengan pesat saat ini untuk meningkatkan kemampuan dalam mengolah, memproses, mengelola, menyalurkan dan mendistribusikan data, informasi, dan pelayanan umum guna memfasilitasi berbagai interaksi yang kompleks dengan masyarakat baik nasional maupun internasional, bidang usaha, bahkan dengan lembaga-lembaga negara lain. Demi terciptannya suatu system informasi nasional yang dapat menunjang pengelolaan Negara diperlukan kesiapan infrastruktur aplikasi atau aplikasi e-government yang baik. Sehingga informasi yang di butuhkan dapat diperoleh dengan mudah, baik kapan saja dan dimana saja. Selain itu penggunaan teknologi informasi ini dapat meningkatkan hubungan antara Pemerintah dan masyarakat serta pihak-pihak lain secara lebih terbuka. Karena selama ini penggunaan fasilitas web e-government dilembaga pemeritah saat ini masih mengutamakan dari segi kuantitas dibanding kualitasnya. Banyak ditemui situs-situs e-government yang tidak memanfaatkan fasilitas ini dengan maksimal sehingga mengesankan penggunaan fasilitas e-government yang sia-sia. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini penulis ingin menganalisis mengenai Web e-government milik pemerintahan Kota Jakarta dan Kota Bandung guna memenuhi karya penulisan ilmiah.




I.2 Batasan Masalah
Adapun dalam penulisan ilmiah ini penulis ingin membatasi masalah yang akan dibahas melingkupi :
a. Desain interface meliputi :
- Penamaan situs, yaitu penamaan situs yang mudah diingat.
- Typografi, yaitu pengaturan jenis huruf penulisan yang baik.
- Kombinasi, menerangkan perpaduan warna-warna yang digunakan dalam membangun sebuah halaman website.
- Struktur navigasi, yaitu keterhubungan link antar halaman dalam sebuah website.
b. Informasi penyajian
- Updating data (informasi), apakah informasi yang diberikan relevan dan sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat.
- Layanan internal, meliputi layanan internal pemerintah dengan lembaga-lembaga dibawah naungannya.
- Layanan eksternal antara lain pemerintah dengan publik atau masyarakat.


I.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penyusunan Penulisan Ilmiah ini adalah untuk menganalisis web e-government, khususnya Dki.Jakarta dan Bandung. Web e-government ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada publik atau masyarakat untuk dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas fasilitas e-goverment dalam peningkatan hubungan pemerintah dengan publik atau masyarakat.







I.4 Metode Penelitian
Penulis menggunakan metode pustaka yaitu memanfaatkan sumber informasi penulisan ilmiah ini dari berbagai sumber seperti buku-buku referensi serta internet sebagai sumber informasi terbesar dan terlengkap yang pernah ada. Penulis dalam melaksanakan penelitian menggunakan komputer pribadi.


I.5 Sistematika Penulisan
Penulisan ilmiah ini terdiri dari empat bab dengan sistematika penulisan sebagai berikut, yaitu :
• BAB 1 : PENDAHULUAN
Merupakan pembukaan dari penulisan ilmiah yang berisi latar belakang masalah, ruang lingkup, tujuan penulisan, metode penelitian yang digunakan serta sistematika penulisan.
• BAB 2 : LANDASAN TEORI
Penjelasan mengenai web e-government sesuai dengan teori-teori pendukung.


• BAB 3 : Analisis dan evaluasi
Uraian dan penjelasan mengenai analisis web e-gov beserta hasil evaluasinya.
• BAB 4 : PENUTUP
Berisi kesimpulan dan saran sehubungan dengan hasil dari penulisan ilmiah ini.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar