UNIVERSITAS GUNADARMA

Senin, 15 November 2010

TUGAS BU FARIDA

Work Breakdown Structure (WBS) Analisis WEB E-GOVERNMENT
Pada prinsipnya Work Breakdown Structure (WBS) adalah pemecahan atau pembagian pekerjaan ke dalam bagian yang lebih kecil (sub-kegiatan), alasan perlunya WBS adalah :
1. Pengembangan WBS di awal Project Life Cycle memungkinkan diperolehnya pengertian cakupan proyek dengan jelas, dan proses pengembangan WBS ini membantu semua anggota untuk lebih mengerti tentang proyek selama tahap awal.
2. WBS membantu dalam pengawasan dan peramalan biaya, jadwal, dan informasi mengenai produktifitas yang meyakinkan anggota manajemen proyek sebagai dasar untuk membuat perundingan.

WBS merupakan elemen penting, karena memberikan kerangka yang membantu, antara lain dalam :
1. Penggambaran program sebagai ringkasan dari bagian-bagian yang kecil.
2. Pembuatan perencanaan.
3. Pembuatan network dan perencanaan pengawasan.
4. Pembagian tanggung jawab.
5. Penggunaan WBS ini memungkinkan bagian-bagian proyek terdefinisi dengan jelas.

Network

Karena kompleksitas pekerjaan, unsur perencanaan memegang peranan yang semakin penting. Banyak kegiatan dapat dikatakan sebagai suatu proyek, yang berarti bahwa mempunyai tujuan tertentu dan usaha untuk mencapainya dibatasi oleh waktu dan sumberdaya tertentu. Perencanaan yang sistematis menimbulkan kepercayaan dalam penyelesaian proyek. Salah satu cakupan dalam perencanaan tersebut adalah masalah penjadwalan atau schedulling proyek. Dalam hal ini peran analisis network dapat membantu. Dalam analisis network dikenal dua metode, yaitu CPM dan PERT.

INTERNET

Internet ( kependekan dariinterconnected-networking ) ialah rangkaian computer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf T besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubungan secara global dan menggunakan TCP/Ip sebagai protocol pertukaran paket (packet swiching communication protocol ). Rangkaian internet yg tersebar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti, peningkatan pemasukan daerah dan manfaat internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga sangat di untungkan demikian para pegawai dapat pula ditingkatkan kesejahteraannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.


WEBSITE

Sebuah situs web website ( juga dieja, situs resmi gaya oleh Stylebook AP ) adalah kumpulan halaman web yang berhubungan,gambar, video, atau asset digital laiinya yang di tunjukkan relative terhadap yang umum Uniform Resource Locator (URL), sering terdiri hanya nama domain, atau alamat IP, dan jalan (‘/’) akar dalam jaringan berbasis Internet Protokol. Sebuah situd web ini dijalankan pada setidaknya satu server web, dapat diakses melalui jarungan seperti Internet atau jaringan area swasta local.

Sebuah halaman web adalah sebuah dokumen, biasanya ditulis dalam teks biasa diselingi dengan format interuksi dari Hypertext Markup Langguage (HTML, XHTML). Sebuah halaman web dapat memasukkan unsur-unsur dari situs-situs lain dengan jangkar makrup yang sesuai.

Halaman we yang diakses dan diangkut dengan Hypertext Transfer Protokol (HTTP), yang mungkin bisa menggunakan enkripsi (Secure HTTP, HTTPS) untuk menyediakan keamanan dan privasi bagi pengguna isi halaman web. Aplikasi unsure, seringkali web browser, menerjemaahkan konten halaman sesuai dengan petunjuk HTML markupnya ke layar terminal.

Sedangkan data yang diperlukan untuk menyusun analisis meliputi :
1. Jenis – jenis pekerjaan / aktifitas.
2. Waktu penyelesaian yang diperlukan untuk tiap – tiap pekerjaan tersebut.
3. Urutan pekerjaan.
4. Biaya tiap – tiap kegiatan baik normal maupun percepatan.


















Berikut adalah contoh Work Breakdown Structure untuk sebuah ANALISIS WEB E_GOVERMENT :

ANALISIS WEB E-GOVERMENT


TUJUAN MENGANALISIS
INFORMASI PENYAJIAN

DESAIN INTERFACE
UPDATING DATA (INFORMASI)

PENAMAAN SITUS

TYPOGRAFI

LAYANAN INTERNAL

KOMBINASI WARNA
LAYANAN EKSTERNAL

STRUKTUR NAVIGASI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar